Posted by : Unknown Rabu, 06 November 2013

Puncak
Setelah libur panjang harpitnas Idul Adha yang lalu, kini libur harpitnas ilegal di tanggal 1 Muharram pun akhrinya dapat dinikmati di atas gunung (lagi). Ya, melanjutkan gelar dari S2 (Sumbing-Sindoro), saya melakukan Ujian di gunung Slamet agar resmi jadi profesor, hehehe. Bersama satu teman di PT tempat saya magang di semester 4-5, kami memilih melakukan pendakian dengan naik motor dari Bandung hingga Purbalingga (Bambangan). Alhasil capek luar biasa ketika kami berangkat dari Bandung pukul 08.30 hingga pukul 15.40 tanggal 2 November 2013. Kami lapor dulu ke basecamp dan mendaftarkan diri, kemudian memutuskan untuk beristirahat semalam di basecamp.

Jalur Pendakian Slamet
Tanggal 3 November 2013 hari Minggu pun tiba. Kami berdua berangkat dari basecamp Bambangan pukul 6.35. Tidak lama menyusuri jalan desa. Akhirnya kami bertemu juga dengan gerbang pendakian Slamet.
Gerbang pendakian Slamet
Perjalanan menuju Pos 1 baru saja dimulai. Ternyata jarak menuju Pos 1 sangat jauh. Nyatanya baru pukul 8.06 kami baru sampai. Lega rasanya menemui pos yang mewah lengkap seperti rumah berperabotan (Lebay). Menyambung nafas sejenak.

POS1
Tak lama beristirahat. Pukul 8.15 kami melanjutkan perjalanan. Mulai dai pos 1 ini vegetasi semakin rapat. Kami memasuki daerah hutan yang cukup lebat dan menanjak. Track yang basah dan becek akibat hujan membuat langkah kaki semakin berat. Dan akhirnya sampai di POS 2 pukul 9.16.
POS2

Di pos 2 kami bertemu teman - teman pendaki dari UPI, UPN Jogja, dan UNSOED yang selama perjalanan salip menyalip hingga pos 7. Disini pula kami menemui monyet - monyet liar yang asyik bergelantungan di pohon. Lanjut, berangkat dari Pos 2 pukul 9.27 sampai di Pos 3 pukul 10.33 Cemara.
Suasana di Pos 3

Pos 3
Perjalanan dilanjutkan lagi dari Pos 3 pukul 10.55. Kondisi cuaca semakin memburuk, kabut turun dan menghalangi jarak pandang. Dalam perjalanan saya sempat merasa was - was akan hujan. Dan ternyata kekhawatiran itu terjadi, hujan akhirnya turun deras sekali namun untungnya saat itu kami sudah sampai di Pos 4 pukul 11.35 dan berteduh di bawah pohon besar. Sehingga meskipun hujan kami tetap tidak basah. Kami pun memilih untuk menunggu hujan reda.
Kehujanan

Pos 4
Hujan reda pukul 12.36 dan kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Pos 5. Di tengah perjalanan kami bertemu dengan rombongan Mapala dari kampusku yang saat itu hendak turun. Kami sejenak bertegur sapa dengan mereka dan sekaligus meminta sepuntung korek untuk memasak.
bersama anak2 Mapala
Setelah puas menggali informasi tentang pos 5 hingga puncak bersama mereka, kami pun melanjutkan perjalanan. Tak lama kemudian pukul 13.05 kami sampai di Pos 5, Pos Mata Air. Disini kami mengisi semua botol minuman yang kosong terlebih dahulu untuk keperluan memasak.
Mengisi botol

Pos 5
Lalu berangkat dari pos 5 pukul 13.53 dan sampai di Pos 6 pukul 14.14. Jaraknya cukup dekat namun menanjak.

Pos 6
Disusul kemudian berangkat dari pos 6 pukul 14.17 dan akhirnya sampai di pos 7 untuk berkemah pukul 15.55.
Suasana di Pos 7
Pos 7

Kami pun bermalam di pos 7. Pukul 3 pagi kami berangkat menuju puncak Slamet tanpa membawa carrier. Kami pun melewati  pos 8 dan pos 9 dengan cepat. (foto di bawah ini diambil ketika turun dari puncak)

Istirahat

Pos 8
Pos 9
Dari sini medan pendakian dipenuhi dengan bebatuan tajam.
Mendaki

Menuju puncak

Batu - batuan
Dan Akhirnya kami tiba di puncak lebih cepat daripada sunrise. Yaitu pukul 04.14. Kami pun menunggu terbitnya matahari sembari menahan dingin akibat hembusan angin yang luar biasa hebat. Untuk mengurangi rasa dingin, kami menghabiskan semua cemilan yang kami bawa dari pos 7. Kemudian pukul 05.15 Sunrise pun muncul juga.
Kawah

S2 dan Merbabu

Setelah puas di puncak, kami turun pukul 09.00 dan sampai di Basecamp pukul 14.40. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan pulang naik motor yang melelahkan dari pukul 18.30 hingga pukul 04.30 pagi.